Pemerintah akan membangun kompleks mewah mall dan terminal Arjosari Malang – Berita daerah Arjosari dan Pakis

MALANG -Terminal Arjosari segera berubah wajah. Mulai Mei mendatang, terminal tipe A itu dirombak total dengan pembangunan terminal paling modern di Jawa Timur. Selain dilengkapi mall, hotel dan pusat grosir, Terminal Arjosari dikoneksikan dengan layanan angkutan Bandara Juanda dan Bandara Abd Saleh.
Modernisasi Terminal Arjosari itu sudah dimulai di Jakarta. Yakni sekarang sedang berlangsung proses tender di Kementerian Perhubungan. Sebelumnya sudah diawali pemaparan bersama dan pembahasan secara detail yang juga dilakukan di Kementerian Perhubungan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, HM Yusuf menjelaskan, berdasarkan koordinasi terakhir, pembangunan sudah harus diawali pada Mei mendatang. Rencana pembangunan terminal paling modern diareal seluas 3,5 hektare itu sudah harus tuntas pada 2013 mendatang.

‘’Pembangunannya dilakukan secara bertahap. Tahap pertama bangun gedung utama dua lantai. Tahap terakhir pada 2013 bangun mall, hotel dan pusat grosir.Untuk hotel belum ditentukan tipenya,’’ jelas Yusuf.

Proyek senilai Rp 101 Miliar itu kata Yusuf mencakup semua bidang. Bahkan pembangunan pusat grosir, hotel dan mall include dengan anggaran sebesar Rp 101 Miliar. Setelah selesai dibangun, pengelolaan hotel, mall dan pusat grosir ditawarkan ke swasta.

Khusus bangunan utama terminal, lanjut mantan Kabag Humas Pemkot Malang ini, dibangun dua lantai dengan mengutamakan kenyamanan penumpang. Diantaranya ruangan tunggu lengkap dengan AC, tempat duduk yang nyaman dan berbagai fasilitas lain.

Pengemudi bus juga ikut dimanjakan. Salah satunya dibangun fasilitas penginapan pengemudi. ’’Sehingga pengemudi yang ngantuk atau ingin beristirahat memiliki tempat istirahat yang nyaman,’’ jelasnya.
Selain itu, landasan bus juga dibangun lebih bagus dan mudah diakses penumpang. Landasan bus dipisah sesuai jurusan antar kota dalam provinsi (AKDP) dan antar kota antar provinsi (AKAP).

Begitu pula akses terminal. Dinas Perhubungan Kota Malang, kata Yusuf, sudah menjajaki dua akses masuk keluar terminal. Pertama memanfaatkan akses yang ada saat ini. Selain itu juga membuka akses di selatan terminal.

Setelah jadi terminal modern, lanjut Yusuf, Terminal Arjosari dikoneksikan dengan Bandara Juanda dan Bandara Abd Saleh. Khusus bus bandara mulai digagas dan tinggal waktu realisasinya bersamaan pembangunan terminal tahap pertama dimulai.

’’Bus Bandara Juanda tinggal menunggu persetujuan daerah. Sedangkan rutenya sudah disiapkan,’’ jelasnya. Rutenya yakni Bandara Juanda-Malang-Blitar. Di Kota Malang, bus bandara akan berhenti di Terminal Arjosari dan Alun Alun. ’’Bus yang disiapkan berkapasitas 40 orang. Jumlah armadanya disesuaikan dengan kebutuhan,’’ sambung Yusuf.

Mantan Sekretaris KPU Kota Malang ini mengatakan, khusus bus Bandara Juanda-Malang-Blitar sudah disiapkan aturan operasionalnya. Yakni hanya menurunkan penumpang saat perjalanan dari Bandara menuju Malang dan Blitar. Sedangkan jalur kembali dari Blitar, hanya boleh mengangkut penumpang tujuan Bandara Juanda di Alun Alun dan Terminal Arjosari.

Sedangkan bus jurusan Bandara Abd Saleh sedang dikaji teknis operasionalnya. Tujuannya memudahkan warga yang berpergian menggunakan pesawat melalui Bandara Juanda dan Bandara Abd Saleh.

Karena itu pula di Terminal Arjosari yang dimodernkan akan dilengkapi jadwal keberangkatan pesawat. Begitu juga jadwal keberangkatan kereta api disediakan.
’’Karena konsep pengelolaan terminalnya yakni mengkoneksikan dengan semua sistem transportasi yang ada di Malang dan sekitarnya,’’ jelasnya.

Dia menambahkan, Bus Trans Maya atau semi bus way yang kini tinggal menunggu pembaharuan MoU kepala daerah di Malang Raya dengan Kementerian Perhubungan juga dikaji untuk dikoneksikan dengan terminal.

 

(sumber: Malang Post)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s