Berita Batu – Lawang : Jalan baru Lawang-Batu masih dikaji

BATU – Pembangunan jalan baru lintas Lawang-Batu, yang akan dipandegani Pemprov Jatim masih membutuhkan proses panjang. Rencananya, pembangunan fisik jalan sepanjang sekitar 20 kilometer itu baru akan dikerjakan tahun 2012 mendatang.
Kadis Pengairan dan Bina Marga Kota Batu, Ir Budi Santoso, untuk tahun ini masih dilakukan persiapan dan kajian-kajian baik itu menyangkut lapangan maupun penyusunan detail engineering design (DED).
“ Pembangunan jalan baru itu membutuhkan persiapan cukup panjang, karena harus membuka jalan baru, yang tentunya berbeda dengan pelebaran atau perbaikan. Tahun 2011 mungkin baru dilakukan persiapan dan penyusunan DED,” tandas Tosi- sapaan akrabnya.
Rencananya, jalan baru tersebut dimulai dari kebun teh Kecamatan Lawang, hingga tembus Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Jalan tembus ini memang sudah jadi kebutuhan utamanya untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di sepanjang Jalan Raya Lawang, Singosari, Karanglo hingga kawasan Pendem.
Selama ini, semua pihak mengakui bahwa pembangunan infrastruktur di kota ini lebih lambat dari pembangunan obyek wisatanya. Saat Kota Batu menjadi jujugan wisatawan, kapasitas jalannya sudah tidak lagi mampu menampung kendaraan yang keluar masuk Kota Batu, meski Pemkot sendiri telah melebarkan dua jalir alternatif.
“ Untuk pembangunan DED, sepenuhnya akan dilakukan Pemprov Jatim mulai dari kajian lapangan, DED hingga pembangunan fisiknya,” tambah Tosi.
Tosi sendiri belum mengetahui, berapa besar anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan yang akan melalui lereng Gunung Arjuno itu.’’ Setelah DED jadi, baru akan dilakukan tahap pembebasan lahan dan baru diikuti dengan pembangunan konstruksinya,” terangnya.
Meski semua kebutuhan anggaran ditangani Pemprov Jatim, Pemkot Batu tetap akan ikut memback up karena menyangkut mengatasi permasalahan lalu lintas.“Nantinya perlu ada dana sharing juga. Kami tetap akan ikut memback up pembebasan lahan atau lainnya,” ujarnya.
from: malangpost

2 responses to “Berita Batu – Lawang : Jalan baru Lawang-Batu masih dikaji

  1. Ping-balik: Menanti pembuktian klaim atas X-Ride | TransBlog

  2. semoga segera terlaksana. singosari dan karangploso sudah terlalu macet dan crowded

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s