Bandara Abdurrahman Saleh Malang Kembangkan Penerbangan Citilink

MALANG– Sukses penerbangan Malang-Denpasar akan diikuti dengan penerbangan-penerbangan antar kota (Citilink) lainnya. Beberapa maskapai penerbangan sudah berancang-ancang untuk membuka penerbangan dengan pesawat kecil di Bandara Abdulrachman Saleh.
Plt. Kepala UPTD Bandara Abdulrachman Saleh Malang, Didik Sudiwinarto menegaskan rencananya akan banyak penerbangan Citilink yang melalui Bandara Abd Saleh. Ada sebagian maskapai yang sudah mengajukan perizinan ke Dirjen Perhubungan Udara, ada juga yang baru melakukan penjajakan. Beberapa penerbangan citilink yang akan ada di Bandara Abd Saleh antara lain, Malang-Banyuwangi, Malang-Yogyakarta, Malang-Balikpapan dan Malang-Banjarmasin.
“Bandara Juanda sudah overload. Saat ini saja, jumlah penumpang sudah mencapai 11,7 juta penumpang sampai akhir 2010 lalu, padahal kapasitasnya hanya 6 juta penumpang. Bandara Abd. Saleh sangat potensial untuk mengurangi beban penerbangan yang ada di Juanda,” kata Didik kepada Malang Post, kemarin.
Dijelaskan, penerbangan Citilink yang akan ada di Bandara Abd Saleh tergantung dari slot time yang ada di Lanud Abd. Saleh. Keberadaan penerbangan sipil jangan sampai mengganggu penerbangan yang ada di Lanud Abd Saleh, khususnya TNI AU. Karena, Lanud Abd Saleh adalah Base Ops dari TNI AU.
Jika Lanud memberikan slot time kepada maskapai yang bersangkutan, artinya ada waktu yang dapat digunakan maskapai untuk penerbangan dari dan ke Bandara Abd Saleh. Tahun ini, penerbangan sipil dari Abd Saleh akan di alihkan ke Bandara Abd Saleh inklav sipil yang berada di luar base ops TNI AU, tapi masih dalam kawasan Lanud Abd Saleh. “Di Jatim sudah ada beberapa daerah yang memiliki bandara seperti Jember, Banyuwangi dan lainnya. Sekarang ini, Bawean juga tengah membangun bandara. Tapi yang terbesar tetap Juanda dan kedua Malang,” terangnya.
Ditambahkan, sebelum bandara inklav sipil di operasionalkan UPTD Bandara, para petugasnya akan diikutkan pelatihan untuk mendapatkan sertifikat petugas bandara. Sesuai dengan UU. No. 1 tahun 2009 tentang penerbangan, mereka yang bertugas di bandara harus bersertifikat baik dibidang keamanan, pemadam kebakaran, air traffic control (ATC) dan lainnya. Saat ini baru sebagian petugas yang sudah mengantongi sertifikat, sebagian lagi masih harus dilakukan pensertifikatkan. Personil UPTD diambilkan dari petugas Dishub yang ada di Malang raya dan Provinsi Jatim.
“Kami nanti akan mengundang trainernya dari Jakarta ke Malang untuk melakukan pensertifikatkan kepada petugas bandara. Biaya itu lebih murah daripada kami harus memberangkatkan petugas ke Jakarta untuk mengikuti kegiatan itu. Itu akan kami lakukan secara bertahap sampai semuanya memiliki sertifikat,” tandasnya. (aim/udi)

Kunjungan Wisatawan Naik 10 Persen

MALANG-Jumlah kunjungan wisatawan di Kota Malang diprediksi meningkat drastis pada tahun ini. Itu karena selain menghelat sejumlah event tahunan, konsep wisata konvensi yang ditawarkan di kota pendidikan ini menjadi daya tarik tersendiri. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Wahyuni mengatakan, peningkatan jumlah kunjungan wisatawan pada setiap tahun berkisar antara lima sampai 10 persen.
“Tahun lalu saja sudah meningkat sekitar 10 persen. Total jumlah wisatawan yang berkunjung pada tahun lalu sekitar 154.000 orang,” jelas Ida Ayu. Dia mengatakan, 154.000 wisatawan itu tercatat dari jumlah kunjungan obyek wisata yang ada di kota ini. Sedangkan tingkat okupansi hotel belum termasuk dalam 154.000 wistawan. “Umumnya masih didominasi wisatawan domestik dari berbagai daerah di Malang Raya, Jawa Timur dan berbagai kota disekitarnya. Kita juga terus berupaya untuk menggaet kunjungan wisatawan asing,” katanya.
Mantan Kabid Pariwisata ini menjelaskan, konsep kota wisata mice adalah konsep yang digagas untuk memajukan pariwisata. Wisata mice yakni meeting dan insentif, didalamnya terdapat wisata eksibisi, meeting, seni dan wisata even.
Sarana dan prasarana untuk mendukung konsep mice sudah ada dan terus menjamur di Kota Malang. Misalnya, hotel, mall yang lengkap dengan tempat pertemuan dan fasilitas lainnya.
Di Kota Malang, terdapat 74 hotel yang terdiri dari berbagai tipe. Khusus hotel berbintang saja mencapai 11 hotel. “Dengan konsep wisata yang kami gagas ini, orang yang datang mengikuti pertemuan atau rapat atau pun seminar bisa sekaligus berwisata keluarga. Saat suami rapat, anak dan istri bisa wisata belanja dan wisata lainnya,” katanya.
Sedangkan wisata even yang masih jadi andalan di Kota Malang yakni Malang Kembali yang dihelat setiap bulan Mei. Wisata pendidikan bernuansa tempo dulu ini sudah masuk agenda wisata nasional dan internasional. “Selain itu kegiatan-kegiatan yang menampilkan seni dan budaya yang diadakan masyarakat terus digelar. Kegiatan seni dan budaya itu ikut memacu kunjungan wisata,” pungkasnya. (van/mar)

About these ads

5 responses to “Bandara Abdurrahman Saleh Malang Kembangkan Penerbangan Citilink

  1. makasih mas
    kapan rea;isasi untum penggunaan bandara abdul rahman saleh malang dengan rute balikpapan – malang
    makasih

  2. blog anda bagus>>>
    saya ajungi jempol!!!!

    dan saya hanya sekedar mampir ya sekalian blogwalking!!!

    jika bernit liat blog saya kunjungin balik jja!!!!

  3. wildiana zuhrina

    kapan pindahan bandara

  4. Saya usul penerbangan Jakarta – Malang ada yang sore dan malam..

  5. Kapan ada rute penerbangan Manado-Malang?…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s